Bagaimana Membuat Blog Buat Pemula Agar Menghasilkan Uang

10.46
Cara Ngeblog untuk Pemula Yang Ingin Menghasilkan Uang dari Internet

Membuat blog sebenarnya tidaklah sulit. Tidak perlu mengerti bahasa pemograman yang begitu sulit buat yang awam tentang bahasa pogram HTML dan sebagainya. Lalu, apa bisa buat blog bagi yang tidak tahu atau tidak mengerti bahasa program? Tentu saja bisa, yaitu dengan menggunakan penyedia layanan blog gratis. Misalnya Blogger, Wordpress, weebly, dan lain-lain.

Dengan penyedia layanan blog, Anda tidak perlu pusing dengan bahasa pemograman yang ribet, bahkan tidak perlu beli/sewa domain dan hosting, karena semua telah disediakan secara garatis tis... oleh penyedia layanan blog gratis tersebut.

Dengan mempunyai blog, Anda bisa berbagi pengalaman atau hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca. Meskipun pembaca blog sedikit pada awalnya tetapi tidak apalah, yang penting ada yang bersedia berkunjung dan membaca artikelnya, hehehe...

Selain digunakan untuk berbagi pengalaman, banyak yang memanfaatkan blog untuk ladang penghasilan tambahan, sarana berjualan online, dan lain sebagainya. Jika anda membaca artikel berikut ini, mungkin anda merupakan salah satu orang yang sedang mencari tutorial cara membuat blog dengan cara yang mudah, simpel dan tidak ribet.

Pembahasan berikut, saya akan berbagi panduan lengkap cara membuat blog yang cocok sekali buat pemula. Tenang saja, saya akan berusaha menyajikannya sebaik mungkin yang dapat dimengerti oleh semua pihak. ☺☺☺

Karena ada banyak penyedia layanan blog gratis, disini yang akan saya paparkan hanya satu yang tentunya sudah familiar dan user friendly, yaitu Blogger, salah satu layanan penyedia blog gratis dari Google, sang search engine terbesar dan nomor satu di dunia. Dan tentu saja semua yang dipaparkan disini tidak ada yang membutuhkan dana alias GRATIS! kecuali kuota internet anda, hehehe ☺☺☺

Jadi BLOGGER adalah platform yang paling populer, mudah, dan cocok sekali bagi pemula. Lalu bagaimana langkah-langkah cara membuat blog di blogger? Silahkan simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

Langkah-langkah cara membuat blog:

A. DAFTAR GMAIL

Catatan, jika Anda sudah punya Account GMAIL, silahkan login ke Gmail anda dan langsung ke Bagian B.

  1. Buka http://gmail.com/
  2. Klik tombol Buat Akun / Create an account
  3. Isi formulir yang diberikan, Nama Depan, Nama Belakang, dst...
  4. ...
  5. Bagian Your current email address (alamat email pemulihan - Opsional), bisa dikosongkan atau bisa juga diisi dengan email lama Anda untuk pengamanan email baru ini.
  6. .
  7. Klik tombol Next step / BERIKUTNYA
  8. Silakan baca semua perjanjian dan persetujuannya. Setelah itu, klik tombol I AGREE / SAYA SETUJU untuk menyetujuinya.
  9. ...
  10. Klik tombol Continue to Gmail
  11. ...
  12. Tunggu sebentar hingga loading selesai...
  13. ...
  14. Saat muncul pop up penyambutan, bisa langsung Anda tutup dengan mengklik tanda (x) di sudut kiri atas pop up tersebut.
  15. Account Email baru Anda sudah siap digunakan.


B. DAFTAR DI BLOGGER UNTUK MEMBUAT BLOG

  1. Tetap login di akun Gmail Anda,
  2. Buka di tab baru, www.blogger.com
  3. Klik BUAT BLOG, lalu Login dengan Akun GMail Anda.
  4. Terlebih dahulu anda harus memilih profil mana yang akan anda gunakan. Anda bisa menggunakan profil Google+ atau profil Blogger biasa. Dalam tutorial ini saya menyarankan menggunakan profil Blogger saja dulu. Nanti kedepannya, bisa dialihkan ke profil Google plus Anda.
  5. Isikan nama Anda pada kotak Nama Tampilan . lalu klik Lanjutkan ke blogger.
  6. Untuk membuat blog baru, pilih tombol BUAT BLOG BARU.
  7. Anda akan melihat tampilan seperti berikut ini. Silakan isi Tiap kotak dialog sesuai petunjuk nomor di bawah ini mulai Judul, Alamat, dan Tema : (Isi sesuai keinginan Anda; Judul, Alamat dan pilih Tema)
  8. Setelah itu, klik Buat blog!
  9. Akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini, klik Lain Kali aja
  10. Selamat blog baru anda selesai dibuat... Tapi jangan keburu kabur dulu, Lakukan posting artikel pertama Anda. Bagaimana sih cara menulis konten di blogger. perhatikan gambar di bawah ini, klik Entri Baru ;
  11. Isi sesuai petunjuk nomor seperti pada gambar di bawah ini, Entri (judul postingan), Klik Compose (mode penulisan seperti menulis di MS Word), Menulislah di kotak nomor 3 (boleh copas dari ms word), dan klik Publikasikan..
  12. Setelah klik Publikasikan dan lihatlah hasilnya dengan mengklik Lihat Blog.
  13. Lihat Blog baru Anda ....akan nampak seperti ini (hanya contoh)

Selanjutnya, silakan mengutak atik / melihat-lihat/meninjau menu-menu yang terdapat di blogger, dan lain sebagainya. Silakan dipelajari, jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya kepada ahlinya ☺☺☺, atau berkomentar di kolom komentar di bawah ini.

Semoga artikel yang sangat sederhana ini, walaupun masih jauh dari kesempurnaan, namun dapat memberi manfaat bagi yang ingin membuat blog sendiri dengan mudah dan gratis. Jika mengalami kesulitan mengenai cara membuat blog gratis di blogger jangan ragu untuk bertanya di kotak komentar yang ada. Sekian mengenai Cara Membuat Blog Gratis ini dan tak lupa saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung ke blog ini serta membaca artikel ini.

Salam Sukses...
...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »